Senin, 05 April 2010

SILABUS & RPP IPA SD


MODEL
PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI
SOLO
Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Sri Harmi
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
JENDELA
I PA
untuk Kelas II SD dan MI
2 Lingkungan dan Alam Sekitar
ii
Penulis : Sri Harmi
Editor : M. Mahsan Burhani
Perancang kulit : Agung Wibawanto
Perancang tata letak isi : Yulius Widi Nugroho
Penata letak isi : Sri Nurhidayati
Tahun terbit : 2007
Diset dengan Power Mac G4, font : Times 10 pt
Preliminary : iv
Halaman isi : 44 hlm.
Ukuran buku : 14,8 x 21 cm
Ketentuan Pidana Sanksi Pelanggaran
Pasal 72
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002
Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1987
tentang Hak Cipta
1. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak mengumumkan atau
memperbanyak suatu ciptaan atau memberi izin untuk itu, dipidana
dengan pidana penjara paling sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda
paling sedikit Rp1.000.000,00 ( satu juta rupiah), atau pidana penjara
paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak
Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang siapa dengan sengaja menyerahkan, menyiarkan,
memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum sesuatu
ciptaan barang atau hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait
sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dipidana dengan pidana
penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak
Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
© Hak cipta dilindungi
oleh undang-undang.
All rights reserved.
Penerbit
PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
Jalan Dr. Supomo 23 Solo
Anggota IKAPI No. 19
Tel. 0271-714344,
Faks. 0271-713607
e-mail:
tspm@tigaserangkai.co.id
Dicetak oleh percetakan
PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
MODEL
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
untuk Kelas II SD dan MI
Lingkungan dan Alam Sekitar
JENDELA
I PA 2
iii
Kata Pengantar
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah memilih dan
menggunakan buku Jendela IPA terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Semoga
buku ini dapat meningkatkan hasil dari Proses Belajar Mengajar (PBM) secara optimal
sebagai upaya untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui
jalur pendidikan. Kami menyadari adanya ketetapan pemerintah yang memberikan
wewenang kepada masing-masing sekolah untuk menggunakan KurikulumTingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) belum sepenuhnya dipahami oleh guru yang berada di
lapangan. Di antara mereka masih banyak yang mengalami kesulitan atau
keterbatasan dalam penyusunan perangkat pembelajaran tersebut. Dengan ini, kami
penulis dari PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri memberikan Model Silabus dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran IPA.
Silabus yang kami buat bersifat fleksibel, artinya dapat disesuaikan dengan
kebutuhan guru dan siswa dalam Proses Belajar Mengajar serta dapat disesuaikan
dengan kondisi sekolah masing-masing. Silabus ini berfungsi sebagai salah satu
alternatif untuk memudahkan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang juga dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah masingmasing.
Adapun penyusunan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini
telah kami sesuaikan dengan Model Silabus yang telah kami buat. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersebut dapat memberikan gambaran proses
pembelajaran yang berlangsung, mulai dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan.
Bentuk penilaian dan alokasi waktu yang tercantum dalam buku ini dapat diubah
sesuai dengan kebutuhan guru yang secara langsung melihat kondisi siswa, sekolah,
dan lingkungan sekitarnya.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Model Silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu,
kami menerima kritik dan saran yang membangun untuk memperbaikinya. Harapan
kami, dengan adanya Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
ini guru dapat memperoleh salah satu model alternatif dalam menyusun perangkat
pembelajaran, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Solo, Januari 2007
Penulis
iv
Daftar Isi
Kata Pengantar ________________________________________________ iii
Daftar Isi _____________________________________________________ iv
Silabus _____________________________________________________ 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ________________________________ 9
Daftar Pustaka ________________________________________________ 42
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 1
Silabus
Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup
Alokasi Waktu : 26 jam pelajaran (13 × pertemuan)
Materi
Pembelajaran
(2)
Kegiatan
Pembelajaran
(3)
Indikator
(4)
1.1 Mengenal
bagian-bagian
utama hewan
dan tumbuhan di
sekitar rumah
dan sekolah
melalui
pengamatan
Bagian-bagian
utama tubuh
hewan dan
tumbuhan
1. Menyebutkan
nama hewan dan
tumbuhan yang
ada di sekitar
rumah dan
sekolah
2. Menunjukkan
bagian-bagian
utama tubuh
hewan, misalnya
kucing, burung,
dan ikan
3. Menyebutkan
kegunaan bagianbagian
utama
tubuh hewan
4. Menggambar
bagian-bagian
utama tubuh
hewan
5. Menirukan suara
berbagai hewan
yang ada di
lingkungan,
misalnya ayam,
1. Membuat daftar
bagian-bagian
utama tubuh hewan
(kucing, burung, dan
ikan) dan
kegunaannya dari
hasil pengamaan
2. Menggambar secara
sederhana dan
menamai bagianbagian
tubuh hewan
3. Menirukan berbagai
suara hewan yang
ada di lingkungan
sekitar
4. Menceritakan cara
hewan bergerak
berdasarkan
pengamatan,
misalnya
menggunakan kaki,
perut, sayap
(terbang), dan sirip
5. Membuat daftar
bagian-bagian
Kompetensi Dasar
(1)
Penilaian
(5)
• Pengamatan
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penilaian
performance
unjuk kerja
Alokasi
Waktu
(6)
Sumber Belajar
(7)
10 × 35 menit
(5 × pertemuan)
• Buku Jendela IPA 2
• Charta
• Alat-alat tulis
2 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
(2) (3) (4) (5) (6) (7)
kambing, dan
kucing
6. Menyebutkan cara
hewan bergerak
7. Menunjukkan
bagian-bagian
utama tubuh
tumbuhan, antara
lain akar, batang,
daun, bunga,
buah, dan biji
8. Menyebutkan
berbagai bentuk
bagian-bagian
utama tubuh
tumbuhan
9. Menggambar
bagian-bagian
utama tubuh
tumbuhan
1. Menunjukkan
adanya
pertumbuhan
pada hewan
2. Menceritakan
perubahanperubahan
yang
terjadi pada
hewan, misalnya
pertumbuhan anak
ayam menjadi
dewasa
3. Menggambar
pertumbuhan anak
ayam menjadi
ayam dewasa
utama tumbuhan
(akar, batang, daun,
bunga, dan buah
atau biji)
berdasarkan hasil
pengamatan
6. Menggambar
bagian-bagian
utama tumbuhan
secara sederhana
1. Menceritakan
perubahanperubahan
yang
dialami hewan
dalam ukuran pada
saat tumbuh
berdasarkan hasil
pengamatan
2. Membuat gambar
pertumbuhan
hewan, misalnya
anak ayam menjadi
ayam dewasa
3. Menanam biji dan
mengamati
pertumbuhannya
• Pengamatan
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penilaian
performance
unjuk kerja
8 × 35 menit
(4 × pertemuan)
• Buku Jendela IPA 2
• Charta
• Biji kacang tanah
• Gelas plastik
• Kapas
• Alat-alat tulis
• Air
Pertumbuhan
pada hewan
dan tumbuhan
(1)
1.2 Mengidentifikasi
perubahan yang
terjadi pada
pertumbuhan
hewan (dalam
ukuran) dan
tumbuhan (dari
biji menjadi
tanaman)
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 3
(1) (2) (3) (4) (5)
1.3 Mengidentifikasi
berbagai tempat
hidup makhluk
hidup (air, tanah,
dan tempat
lainnya)
1.4 Mengidentifikasi
makhluk hidup
yang
menguntungkan
dan
membahayakan
4. Menunjukkan adanya
pertumbuhan
pada tumbuhan
5. Menanam biji dan
mengamati
pertumbuhannya
6. Menceritakan
perubahan yang
terjadi pada biji
yang ditanam
1. Menyebutkan
tempat hidup
makhluk hidup
2. Menyebutkan
hewan yang hidup
di darat
3. Menyebutkan
hewan yang hidup
di air
4. Menyebutkan
hewan yang hidup
di darat dan di air
5. Menyebutkan
tumbuhan yang
hidup di darat
6. Menyebutkan
tumbuhan yang
hidup di air
7. Menyebutkan
tumbuhan yang
hidup menempel
pada tumbuhan lain
8. menyebutkan
hewan yang
menguntungkan
manusia
4. Menceritakan
perubahan yang
terjadi pada biji yang
ditanam
1. Menunjukkan tempat
hidup makhluk hidup
tertentu
2. Memberi contoh
hewan yang hidup di
darat dan di air
3. Memberi contoh
tumbuhan yang
hidup di darat dan di
air
4. Memberi contoh
tumbuhan yang
hidup di tumbuhan
lain melalui
pengamatan
5. Memberi contoh
berbagai hewan
yang
menguntungkan dan
membahayakan
manusia
6. Memberi contoh
berbagai tumbuhan
di sekitar yang
berguna bagi
manusia
• Pengamatan
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penilaian
performance
unjuk kerja
(6)
8 × 35 menit
(4 × pertemuan)
Tempat hidup
makhluk hidup
(7)
• Buku Jendela IPA 2
• Charta
• Alat-alat tulis
4 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (5 × pertemuan)
Materi
Pembelajaran
(2)
Kegiatan
Pembelajaran
(3)
Indikator
(4)
Penilaian
(5)
2.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri benda
padat dan cair
yang ada di
lingkungan
sekitar
2.2 Menunjukkan
perubahan
bentuk dan
wujud benda
(plastisin/tanah
liat/adonan
tepung) akibat
kondisi tertentu
2.3 Mengidentifikasi
benda-benda
yang dikenal
Bentuk dan
wujud serta
kegunaan
benda
1. Menyebutkan
benda padat dan
benda cair yang
ada di lingkungan
sekitar
2. Menjelaskan
perbedaan benda
padat dengan
benda cair
3. Menyebutkan
benda padat yang
mudah berubah
bentuk, misalnya
plastisin, tanah
liat, dan adonan
tepung
1. Menunjukkan
beragam jenis
benda padat dan
cair yang ada di
sekitar
2. Membedakan ciri-ciri
benda padat dan
benda cair
3. Mengidentifikasi
benda-benda di
sekitar yang dapat
berubah bentuk
seperti plastisin,
tanah liat, atau
adonan tepung
ketika dibentuk
• Pengamatan
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penilaian
performance
unjuk kerja
Kompetensi Dasar
(1)
Alokasi
Waktu
(6)
Sumber Belajar
(7)
10 × 35 menit
(5 × pertemuan)
• Buku Jendela IPA 2
• Charta
• Plastisin
• Alat-alat tulis
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
9. Menyebutkan
hewan yang
membahayakan
manusia
10.Menyebutkan
bagian-bagian
tubuh tumbuhan
yang
dimanfaatkan
manusia
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 5
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
dan
kegunaannya
melalui
pengamatan
4. Menceritakan
perubahan yang
terjadi pada benda
padat yang mudah
berubah bentuk
5. Menyebutkan
benda padat yang
mudah berubah
menjadi benda
cair
6. Menyebutkan
benda cair yang
mudah berubah
menjadi padat
7. Menyebutkan
benda-benda yang
ada di sekitar
8. Menyebutkan
kegunaan benda
yang ada di sekitar
9. Memperagakan
cara
menggunakan
benda yang ada di
sekitar
4. Mencari contoh
benda padat yang
dapat berubah
wujud menjadi
benda cair dan
sebaliknya benda
cair menjadi benda
padat
5. Mengidentifikasi
benda-benda yang
ada di sekitar
6. Menceritakan
kegunaan bendabenda
di sekitar dan
memperagakan
kegunaannya
(7)
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
6 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Silabus
Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : II/2
Standar Kompetensi : 3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (8 × pertemuan)
Materi
Pembelajaran
(2)
Kegiatan
Pembelajaran
(3)
Indikator
(4)
Penilaian
(5)
3.1 Mengidentifikasi
sumber-sumber
energi (panas,
listrik, cahaya,
dan bunyi) yang
ada di
lingkungan
sekitar
3.2 Mengidentifikasi
jenis energi
yang paling
sering
digunakan di
lingkungan
sekitar dan cara
menghematnya
Sumber energi
dan
kegunaannya
1. Menyebutkan alatalat
yang
menghasilkan
energi panas,
cahaya, dan bunyi
2. Menyebutkan
sumber energi yang
menghasilkan
energi panas,
cahaya, dan bunyi
3. Menyebutkan alat
rumah tangga
yang
menggunakan
energi listrik
4. Menyebutkan
jenis energi yang
sering dipakai
dalam kehidupan
sehari-hari
5. Menjelaskan
kegunaan energi
listrik
6. Menyebutkan cara
menghemat
penggunaan
energi listrik
1. Mencari contoh alatalat
yang
menghasilkan
energi panas, bunyi,
dan cahaya
2. Menunjukkan
sumber energi yang
menghasilkan
panas, bunyi, dan
cahaya
3. Mencari contoh alat
rumah tangga yang
menggunakan
energi listrik
4. Memberi contoh
jenis-jenis energi
yang paling sering
digunakan dalam
kehidupan seharihari
5. Memberi alasan
penggunaan energi
tersebut
• Pengamatan
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penilaian
performance
unjuk kerja
Kompetensi Dasar
(1)
Alokasi
Waktu
(6)
Sumber Belajar
(7)
8 × 35 menit
(8 × pertemuan)
• Buku Jendela IPA 2
• Charta
• Alat-alat tulis
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 7
Standar Kompetensi : 4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (8 × pertemuan)
Materi
Pembelajaran
(2)
Kegiatan
Pembelajaran
(3)
Indikator
(4)
Penilaian
(5)
Pengaruh
cahaya
matahari
terhadap
kondisi alam
dan kehidupan
di bumi
1. Menyebutkan
kedudukan
matahari pada
pagi, siang, dan
sore hari
2. Menyebutkan
perbedaan panas
yang dipancarkan
matahari pada
pagi, siang, dan
sore hari
3. Menjelaskan
bayangan benda
yang terbentuk
pada pagi, siang,
dan sore hari
4. Menyebutkan
kegunaan cahaya
dan panas
matahari dalam
kehidupan seharihari
5. Menyebutkan
pengaruh panas
dan cahaya
matahari terhadap
kegiatan manusia
6. Menyebutkan cara
yang aman untuk
menghindari
1. Menceritakan
kedudukan matahari
(pagi, siang, dan
sore hari)
2. Menbedakan panas
yang dipancarkan
matahari pada
waktu pagi, siang,
dan sore hari
3. Menceritakan
adanya hubungan
antara kedudukan
matahari dengan
bayang-bayang
yang terbentuk
4. Menceritakan
kegunaan panas
dan cahaya matahari
5. Menyebutkan
pengaruh panas dan
cahaya matahari
terhadap manusia
6. Memperagakan cara
yang aman untuk
menghindari
pengaruh panas dan
cahaya matahari,
misalnya tidak
menatap matahari
secara langsung
• Pengamatan
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penilaian
performance
unjuk kerja
Kompetensi Dasar
(1)
4.1 Mengidentifikasi
kenampakan
matahari pada
pagi, siang, dan
sore hari
4.2 Mendeskripsikan
kegunaan panas
dan cahaya
matahari dalam
kehidupan
sehari-hari
Alokasi
Waktu
(6)
Sumber Belajar
(7)
16 × 35 menit
(8 × pertemuan)
• Buku Jendela IPA 2
• Charta
• Tongkat
• Karton
• Tripleks
• Paku
• Alat-alat tulis
8 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
pengaruh panas
dan cahaya
matahari
7. Mempraktikkan
cara yang aman
untuk menghindari
pengaruh panas
dan cahaya
matahari
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 9
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : …
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 1–5
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Indikator : 1. Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan
(kucing, burung, dan ikan) dan kegunaannya dari hasil
pengamaan
2. Menggambarkan secara sederhana dan menamai bagianbagian
tubuh hewan
3. Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan
sekitar
4. Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan,
misalnya menggunakan kaki, perut, sayap (terbang),
dan sirip
5. Membuat daftar bagian-bagian utama tumbuhan (akar,
batang, daun, bunga, dan buah atau biji)
6. Menggambarkan bagian-bagian utama tumbuhan secara
sederhana
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, dan
ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamaan;
2. menggambarkan secara sederhana dan menamai bagian-bagian tubuh
hewan;
3. menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar;
4. menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya
menggunakan kaki, perut, sayap (terbang), dan sirip;
5. membuat daftar bagian-bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga,
dan buah atau biji) berdasarkan hasil pengamatan;
6. menggambarkan bagian-bagian utama tumbuhan secara sederhana.
10 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
II. Materi Pembelajaran
Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan dan tumbuhan yang ada
di sekitar.
2. Secara acak, siswa ditanya bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang
disebutkannya.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan mengelompokkan jawaban siswa
dalam kelompok hewan dan tumbuhan.
2. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bagian-bagian utama
tubuh hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar.
3. Guru menjelaskan bahwa hewan dan tumbuhan adalah ciptaan Tuhan.
4. Guru mengajak siswa agar selalu bersyukur kepada Tuhan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar.
Pertemuan Ke-2
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Secara acak, siswa ditanya bagian-bagian utama tubuh hewan yang ada di
sekitar, misalnya kucing, burung, dan ikan.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bagian-bagian utama
hewan, yaitu kepala, badan, dan anggota gerak.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh yang ada di kepala
kucing dan kegunaannya.
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan kegunaan bagian tubuh
yang ada di kepala kucing.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 11
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh yang ada di badan
kucing, yaitu rambut dan kegunannya.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh kucing yang
menjadi anggota gerak dan kegunaannya.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh burung yang ada
di badan dan kegunaannya.
7. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh burung yang ada
di badan dan kegunaannya.
8. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh burung yang
termasuk anggota gerak dan kegunaannya.
9. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh ikan yang ada di
kepala dan kegunaannya.
10. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh ikan yang ada di
badan dan kegunaannya.
11. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tubuh ikan yang termasuk
anggota gerak dan kegunannya.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebut bagian-bagian utama hewan, yaitu
kepala, badan, dan anggota gerak.
Pertemuan Ke-3
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
yang lalu.
2. Secara acak, siswa ditanya berbagai suara hewan yang ada di sekitar.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan berbagai suara hewan
yang ada di sekitar.
2. Guru menyediakan charta berbagai suara hewan.
3. Siswa menirukan suara hewan yanga ditunjukkan dalam charta.
4. Siswa membuat tabel berbagai suara hewan. Jika memungkinkan, tabel
dapat dilengkapi dengan gambar.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan berbagai suara hewan yang ada
di sekitar.
12 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Pertemuan Ke-4
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
yang lalu.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan di sekitar bergerak.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan berbagai cara gerak
hewan yang ada di sekitar.
2. Guru menyediakan charta berbagai cara hewan bergerak.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan yang ada dalam
charta bergerak.
4. Siswa membuat tabel berbagai cara hewan bergerak. Jika memungkinkan,
tabel dapat dilengkapi gambar.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai cara hewan di sekitar
bergerak.
Pertemuan Ke-5
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian-bagian utama tumbuhan.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bagian-bagian utama
tubuh tumbuhan.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 1.1 untuk mengetahui
bagian-bagian tubuh tumbuhan.
3. Guru menyediakan charta berbagai jenis tumbuhan.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk akar, batang,
daun, bunga, dan biji.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk akar.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk batang.
7. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk daun.
8. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk bunga.
9. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk buah dan biji.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 13
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan bagian-bagian tubuh
tumbuhan.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 2 halaman 1–20, terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
• Charta bagian-bagian tubuh hewan
• Charta berbagai suara hewan
• Charta berbagai cara hewan bergerak
• Charta bagian-bagian tubuh tumbuhan
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat,
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lembar
lampiran
• Mengerjakan tugas pada halaman 3, 7, 9, 11, dan 15
• Menjawab soal latihan pada halaman 16–20
Soal Pengayaan
Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai!
No. Pernyataan Benar Salah
1. Kucing memiliki kepala, badan, dan anggota gerak √
2. Badan kucing diselimuti bulu ... ...
3. Kucing bergerak dengan sirip ... ...
4. Gigi kucing tajam ... ...
5. Mulut burung disebut paruh ... ...
6. Badan burung diselimuti bulu ... ...
7. Paruh burung pipit sangat tajam ... ...
8. Sayap burung untuk terbang ... ...
9. Burung memiliki empat kaki ... ...
10. Ikan memiliki kepala, badan, dan anggota gerak ... ...
11. Ikan bergerak dengan sisik ... ...
12. Burung bergerak dengan kaki ... ...
14 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
13. Burung berkicau ... ...
14. Ayam betina berkokok ... ...
15. Kucing mengaum ... ...
16. Ular terbang ... ...
17. Belalang melompat ... ...
18. Tumbuhan terdiri atas akar, batang, daun, dan buah ... ...
19. Batang pohon kelapa bercabang ... ...
20. Kebanyakan biji ada di dalam buah ... ...
No. Pernyataan Benar Salah
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 15
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 6–9
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,
pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta berbagai
tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan
hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji
menjadi tanaman)
Indikator : 1. Menceritakan perubahan-perubahan yang dialami hewan
dalam ukuran pada saat tumbuh berdasarkan hasil pengamatan
2. Membuat gambar pertumbuhan hewan, misalnya anak
ayam menjadi ayam dewasa
3. Menanam biji dan mengamati pertumbuhannya
4. Menceritakan perubahan yang terjadi pada biji yang
ditanam
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. menceritakan perubahan-perubahan yang dialami hewan dalam ukuran pada
saat tumbuh berdasarkan hasil pengamatan;
2. membuat gambar pertumbuhan hewan, misalnya anak ayam menjadi ayam
dewasa;
3. menanam biji dan mengamati pertumbuhannya;
4. menceritakan perubahan yang terjadi pada biji yang ditanam.
II. Materi Pembelajaran
Pertumbuhan pada hewan dan tumbuhan
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
16 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-6
Kegiatan Awal
1. Guru menyediakan charta pertumbuhan hewan dan tumbuhan
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan antara anak hewan
dan induknya serta tunas pohon pisang dan induknya.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan perbedaan antara anak
hewan dan induknya serta tunas pohon pisang dan induknya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan anak hewan dengan
induknya yang ada di sekitar.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan antara tumbuhan yang
masih kecil dan tumbuhan yang sudah besar.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pertumbuhan yang terjadi pada
hewan dan tumbuhan.
Pertemuan Ke-7
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta pertumbuhan hewan, misalnya pertumbuhan
ayam.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pertumbuhan ayam berdasarkan
charta yang disediakan.
2. Guru mengevaluasi cerita siswa dan menjelaskan pertumbuhan yang terjadi
pada anak ayam.
3. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pertumbuhan yang terjadi pada
anak hewan yang ada di sekitar, misalnya kucing.
4. Guru mengevaluasi cerita siswa dan menjelaskan pertumbuhan yang terjadi
pada kucing.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kebutuhan anak hewan supaya
tumbuh sehat.
6. Guru menjelaskan cara memelihara hewan supaya sehat.
7. Dengan dibimbing guru, siswa menggambar pertumbuhan hewan.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 17
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pertumbuhan pada hewan
Pertemuan Ke-8
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta pertumbuhan biji yang ditanam.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan perubahan yang terjadi pada
biji yang ditanam.
2. Guru mengevaluasi cerita siswa dan menjelaskan pertumbuhan pada biji
yang ditanam.
3. Dengan dipandu guru, siswa melakukan Kegiatan 2.1 untuk mengetahui
pertumbuhan biji yang ditanam.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pertumbuhan pada tumbuhan.
Pertemuan Ke-9
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan hasil Kegiatan 2.1 yang telah
dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi hasil kegiatan yang telah dilakukan siswa.
2. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan perubahan yang terjadi pada
biji yang ditanam.
3. Guru menceritakan perubahan yang terjadi pada biji yang ditanaman.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kebutuhan biji yang ditanam
agar dapat tumbuhan menjadi besar.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan yang terjadi pada biji
yang ditanam.
V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
• Buku Jendela IPA 2 halaman 21–32 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
18 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
• Charta pertumbuhan hewan
• Charta pertumbuhan tumbuhan
• Biji kacang tanah
• Gelas plastik bekas air mineral
• Kapas
• Alat-alat tulis
• Air
VI. Penilaian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lampiran.
• Mengerjakan tugas pada halaman 25
• Menjawab soal latihan pada halaman 30–32
Soal Pengayaan
Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai!
No. Pernyataan Benar Salah
1. Anak hewan berukuran kecil ... ...
2. Pertumbuhan terjadi pada hewan ... ...
3. Tumbuhan mengalami pertumbuhan ... ...
4. Tunas pisang berukuran besar ... ...
5. Ayam jantan bertelur ... ...
6. Bagian tubuh anak ayam sama dengan induknya ... ...
7. Tubuh anak ayam lebih besar daripada induknya ... ...
8. Besar tubuh anak kucing sama dengan induknya ... ...
9. Hewan memerlukan udara untuk bernapas ... ...
10. Tumbuhan tidak mengalami pertumbuhan ... ...
11. Kebanyakan tanaman ditanam dari bijinya ... ...
12. Pada biji yang ditanam akan tumbuh akar, batang, dan
daun ... ...
13. Akar tumbuh di dalam tanah ... ...
14. Air adalah makanan bagi tumbuhan ... ...
15. Ketika baru tumbuh, ukuran batang besar ... ...
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 19
16. Pertumbuhan daun diawali dengan kuncup daun ... ...
17. Tumbuhan tidak memerlukan udara ... ...
18. Biji yang ditanam mendapat makanan dari dalam tanah ... ...
19. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri ... ...
20. Semua tumbuhan dapat berbuah ... ...
No. Pernyataan Benar Salah
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
20 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : …
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 10–13
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah, dan tempat lainnya)
1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan
dan membahayakan
Indikator : 1. Menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu
2. Memberi contoh hewan yang hidup di darat dan di air
3. Memberi contoh tumbuhan yang hidup di darat dan di
air
4. Memberi contoh tumbuhan yang hidup menempel pada
tumbuhan lain melalui pengamatan
5. Memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan
dan membahayakan manusia
6. Memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang
berguna bagi manusia
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu;
2. memberi contoh hewan yang hidup di darat dan di air;
3. memberi contoh tumbuhan yang hidup di darat dan di air;
4. memberi contoh tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan lain
melalui pengamatan;
5. memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan membahayakan
manusia;
6. memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia
II. Materi Pembelajaran
Tempat hidup makhluk hidup
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 21
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-10
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan dan tumbuhan yang hidup
di darat, di air, dan tempat lain.
2. Guru mengevaluasi jawaban siswa dengan cara mengelompokkan hewan
dan tumbuhan yang hidup di darat, di air, dan di tempat lain.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang hidup di air, antara
lain mujair, lele,, ikan emas, udang, dan berudu.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang hidup di darat,
misalnya kuda dan kucing.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tempat hidup singa, harimau,
gajah, orang utan, burung, lebah, rayap, dan cacing.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang hidup di darat dan
di air, antara lain katak, buaya, dan kura-kura.
5. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 3.1 untuk mengetahui
tempat hidup hewan di sekitar.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan tempat hidup hewan yang ada
di sekitar
Pertemuan Ke-11
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tempat hidup tumbuhan yang
ada di sekitar.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan tempat hidup tumbuhan
yang ada di sekitar.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang hidup di darat,
misalnya kelapa, jeruk, dan jati.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang hidup di air,
misalnya teratai dan eceng gondok.
22 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang hidup menempel
pada tumbuhan lain, misalnya benalu, anggrek, dan tali putri.
5. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 3.2 untuk mengetahui
tempat hidup tumbuhan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan tempat hidup tumbuhan yang
ada di sekitar.
Pertemuan Ke-12
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang menguntungkan
dan yang membahayakan manusia.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan hewan yang
menguntungkan serta hewan yang membahayakan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang dipelihara manusia.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang dimanfaatkan
tenaganya, misalnya kuda untuk menarik pedati serta sapi dan kerbau untuk
membajak sawah.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang dimanfaatkan
telurnya, antara lain ayam, itik, dan burung puyuh.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang dimanfaatkan
sebagai hiburan, antara lain kucing, burung, dan ikan hias.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang membahayakan
antara lain lalat, tikus, nyamuk, ular, dan kalajengking.
7. Guru menjelaskan bahayanya lalat, tikus, nyamuk, ular, dan kalajengking.
Kegitan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan keuntungan dan bahaya hewan
yang ada di sekitar.
Pertemuan Ke-13
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat dari tumbuhan yang
ada di sekitar.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 23
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda-benda yang berasal dari
tumbuhan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang dimanfaatkan
daunnya, antara lain kol, bayam, dan sawi.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang dimanfaatkan
buahnya, antara lain mangga, jeruk, dan pisang.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang dimanfaatkan
kayunya, antara lain jati.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda-benda yang dibuat dari
kayu, antara lain meja dan kursi.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang merugikan,
antara lain benalu dan tali putri.
7. Guru menjelaskan kerugian yang ditimbulkan oleh benalu dan tali putri.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan manfaat dan kerugian yang
ditimbulkan oleh tumbuhan.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 2 halaman 33–52 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
• Charta hewan yang hidup di air
• Charta hewan yang hidup di darat
• Charta hewan yang hidup di darat dan air
• Charta tumbuhan yang hidup di darat
• Charta tumbuhan yang hidup di air
• Charta tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan air
• Charta hewan yang menguntungkan dan membahayakan
• Charta tumbuhan yang dimanfaatkan
• Alat-alat tulis
VI. Penilian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lampiran.
• Mengerjakan tugas pada halaman 46 dan 48.
• Menjawab soal latihan pada halaman 49–52.
24 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Soal Pengayaan
Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai!
No. Pernyataan Benar Salah
1. Ikan hidup di air ... ...
2. Udang dan berudu hidup di darat ... ...
3. Kuda dan kucing hidup di sekitar kita ... ...
4. Harimau, gajah, dan orang utan hidup di sawah ... ...
5. Burung membuat rumah di atas pohon ... ...
6. Kupu-kupu suka hinggap di tanah becek ... ...
7. Cacing hidup di dalam tanah ... ...
8. Katak hidup di darat ... ...
9. Buaya hidup di darat dan air ... ...
10. Kura-kura hidup di air ... ...
11. Pohon kelapa tumbuh di air ... ...
12. Teratai hidup di darat ... ...
13. Tali putri tumbuh menempel pada tumbuhan lain ... ...
14. Anggrek hidup di darat ... ...
15. Hewan yang menguntungkan dipelihara manusia ... ...
16. Kuda, sapi, dan kerbau dimanfaatkan tenaganya ... ...
17. Ikan hias dan kucing dimanfaatkan dagingnya ... ...
18. Lalat, tikus, dan nyamuk adalah hewan yang
membahayakan ... ...
19. Nyamuk menyebarkan sakit perut ... ...
20. Lalat menyebarkan penyakit demam berdarah ... ...
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 25
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 14–18
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta
perubahan wujud yang dapat dialaminya
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada
di lingkungan sekitar
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/
tanah liat/adonan tepung) akibat kondisi tertentu
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal beserta
kegunaannya melalui pengamatan
Indikator : 1. Menunjukkan beragam jenis benda padat dan cair yang
ada di sekitar;
2. Membedakan ciri benda padat dan benda cair;
3. Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat
berubah bentuk seperti plastisin, tanah liat, atau adonan
tepung ketika dibentuk;
4. Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud
menjadi benda cair dan sebaliknya benda cair menjadi
benda padat;
5. Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar;
6. Menceritakan kegunaan benda-benda di sekitar dan
memperagakan kegunaannya.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. menunjukkan beragam jenis benda padat dan cair yang ada di sekitar;
2. menyebutkan sifat benda padat dan benda cair;
3. mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti
plastisin, tanah liat, atau adonan tepung ketika dibentuk;
4. mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair
dan sebaliknya benda cair menjadi benda padat;
5. mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar;
6. menceritakan kegunaan benda-benda di sekitar dan memperagakan
kegunaannya.
26 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
II. Materi Pokok
Bentuk dan wujud benda serta kegunaannya
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-14
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda padat dan benda cair yang
ada di lingkungan.
2. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan mengelompokkan benda menjadi
kelompok benda padat dan benda cair.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sifat benda padat.
2. Guru menjelaskan sifat benda padat, antara lain bentuk, besar, dan ukurannya
tidak berubah.
Kegiatan Inti
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan sifat benda padat.
Pertemuan Ke-15
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk benda yang dibuat dari
bahan yang sama, misalnya tanah liat, plastisin, dan adonan tepung.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda padat yanga mudah
dibentuk dengan cara ditekan.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 4.1 untuk membuat
berbagai bentuk benda dengan menggunakan plastisin.
3. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan cara membuat berbagai bentuk
benda dari tanah liat.
4. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan cara membuat berbagai bentuk
roti dari adonan tepung.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan bentuk benda.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 27
Pertemuan Ke-16
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan wujud benda yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda padat yang mudah berubah
bentuk, antara lain es batu.
2. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan perubahan yang terjadi jika es
batu dibiarkan di udara terbuka.
3. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan perubahan yang terjadi jika es
batu dipanaskan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan yang terjadi pada es
batu jika dibiarkan di udara terbuka atau dipanaskan.
Pertemuan Ke-17
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda cair yang ada dalam
kehidupan sehari-hari, antara lain air.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sifat benda cair.
2. Guru menjelaskan sifat benda cair, antara lain bentuknya berubah-ubah
bergantung pada wadahnya.
3. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pembuatan es batu.
4. Guru menjelaskan perubahan yang terjadi jika air dimasukkan ke dalam
kulkas.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan sifat benda cair dan perubahan
wujud yang dialaminya.
Pertemuan Ke-18
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan benda-benda yang
ada di sekitar.
28 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan kegunaan benda-benda
yang ada di sekolah, di rumah, atau di tempat lain.
2. Dengan dibimbing guru, siswa praktik menggunakan benda, misalnya
menulis dengan menggunakan pensil.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan benda yang ada dalam
kehidupan sehari-hari.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 2 halaman 53–70 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
• Plastisin
• Charta membuat roti
• Charta memanfaatkan es batu
• Charta perubahan bentuk zat cair
• Charta kegunaan benda
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lampiran.
• Mengerjakan tugas pada halaman 59 dan 61.
• Menjawab soal latihan pada halaman 63–64 dan soal latihan ulangan umum
semester 1 pada halaman 65–70.
No. Pernyataan Benar Salah
1. Batu, kayu, dan kaca merupakan benda cair ... ...
2. Air adalah contoh benda cair ... ...
3. Bentuk dan ukuran benda padat selalu berubah ... ...
4. Plastisin adalah benda padat yang mudah dibentuk jika
ditekan ... ...
5. Tanah liat mudah dibentuk setelah kering ... ...
6. Adonan tepung mudah dicetak ... ...
7. Benda padat dapat berubah menjadi benda cair ... ...
Soal Pengayaan
Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai!
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 29
No. Pernyataan Benar Salah
8. Bentuk benda cair selalu berubah menyesuaikan dengan
bentuk wadahnya ... ...
9. Air dalam botol berbentuk seperti botol ... ...
10. Benda cair tidak dapat berubah menjadi benda padat ... ...
11. Benda padat tidak memerlukan wadah ... ...
12. Benda cair memerlukan wadah ... ...
13. Pensil untuk menulis ... ...
14. Meja untuk duduk ... ...
15. Buku tulis untuk membersihkan ... ...
16. Air untuk minum ... ...
17. Tas sekolah untuk bermain ... ...
18. Penggaris untuk menulis ... ...
19. Minum menggunakan piring ... ...
20. Makan menggunakan gelas ... ...
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
30 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/2
Pertemuan Ke- : 19–26
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik,
cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
3.2 Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan
di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
Indikator : 1. Mencari contoh alat-alat yang menghasilkan energi
panas, bunyi, dan cahaya
2. Menunjukkan sumber energi yang menghasilkan panas,
bunyi, dan cahaya
3. Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan
energi listrik
4. Memberi contoh jenis-jenis energi yang paling sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
5. Memberi alasan penggunaan energi tersebut
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. mencari contoh alat-alat yang menghasilkan energi panas, bunyi, dan cahaya;
2. menunjukkan sumber energi yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya;
3. mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik;
4. memberi contoh jenis-jenis energi yang paling sering digunakan sehari-hari;
5. memberi alasan penggunaan energi tersebut.
II. Materi Pembelajaran
Sumber energi dan kegunaannya
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-19
Kegiatan Awal
1. Guru menjelaskan pengertian energi, yaitu kemampuan untuk melakukan
kerja.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 31
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan macam-macam energi yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Guru menyebutkan bentuk energi yang banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat rumah tangga yang
menghasilkan energi panas.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat rumah tangga yang
menghasilkan energi bunyi.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat rumah tangga yang
menghasilkan energi cahaya.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan alat-alat rumah tangga yang
menghasilkan energi panas, energi bunyi, dan energi cahaya.
Pertemuan Ke-20
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat rumah tangga yang
menghasilkan panas, misalnya kompor dan setrika.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan kompor.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan setrika.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber energi yang digunakan
kompor dan setrika.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan energi panas dalam
kehidupan sehari-hari.
Pertemuan Ke-21
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan keadaan panas matahari yang
dirasakan pada pagi, siang, dan sore hari.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan dari panas matahari.
2. Guru menjelaskan kegunaan panas matahari bagi kehidupan di bumi.
32 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
3. Guru mengajak siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah
menciptakan matahari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan matahari bagi
kehidupan di bumi.
Pertemuan Ke-22
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai macam alat yang
menghasilkan energi bunyi, antara lain radio dan berbagai macam alat musik.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber energi radio.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara membunyikan berbagai alat
musik, misalnya gitar berbunyi jika dipetik, seruling berbunyi jika ditiup,
dan gendang berbunyi jika dipukul.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan energi bunyi dalam
kehidupan sehari-hari.
Pertemuan Ke-23
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber energi cahaya yang ada
dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi sumber cahaya yang disebutkan siswa.
2. Guru menjelaskan alat rumah tangga yang menghasilkan energi cahaya,
misalnya sumber energi cahaya lampu adalah listrik dan sumber energi
cahaya senter adalah baterai.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan alat rumah tangga yang menghasilkan
energi cahaya.
Pertemuan Ke-24
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 33
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan energi dalam kehidupan
sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi energi yang disebutkan siswa dan menyebutkan energi
yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru menjelaskan pentingnya energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kegitan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan kegunaan energi dalam
kehidupan sehari-hari.
Pertemuan Ke-25
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali matari yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan jenis energi yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jenis energi yang disebutkan siswa dan menyimpulkan
jenis energi yang paling sering digunakan, yaitu energi listrik.
2. Guru menjelaskan kegunaan energi listrik.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan jenis energi yang paling sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan Ke-26
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali matari yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat-alat rumah tangga yang
menggunakan energi listrik.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi alat-alat yang disebutkan oleh siswa.
2. Secara acak, siswa diminta untuk menceritakan cara menggunakan alatalat
yang menggunakan energi lsitrik.
3. Guru menjelaskan pentingnya menghemat energi listrik.
4. Guru menjelaskan cara menghemat energi listrik.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyuruh siswa agar mempraktikkan cara
menghemat listrik di rumah dan di sekolah.
34 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 2 halaman 71–80 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
• Charta alat-alat rumah tangga yang menghasilkan energi panas, energi bunyi,
dan energi cahaya.
• Charta alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat,
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lampiran.
• Mengerjakan tugas pada halaman 73 dan 76.
• Menjawab soal latihan pada halaman 78–80.
No. Pernyataan Benar Salah
1. Kita banyak menggunakan energi dalam kehidupan
sehari-hari ... ...
2. Kompor gas menyala menghasilkan energi bunyi ... ...
3. Radio menghasilkan energi bunyi ... ...
4. Seluruh makhluk hidup mendapat energi panas dari
matahari ... ...
5. Energi bunyi dihasilkan oleh alat musik ... ...
6. Energi bunyi adalah energi yang paling banyak digunakan
oleh manusia ... ...
7. Banyak alat rumah tangga menggunakan energi listrik ... ...
8. Lampu menghasilkan energi cahaya ... ...
9. Setrika mengubah energi listrik menjadi energi gerak ... ...
10. Baterai mudah diubah menjadi energi bentuk lain ... ...
11. Energi dapat berupa panas, bunyi, dan cahaya ... ...
12. Setrika menghasilkan energi listrik ... ...
13. Kipas angin mengubah energi listrik menjadi energi
gerak ... ...
14. Senter menggunakan energi dari baterai ... ...
Soal Pengayaan
Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai!
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 35
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
No. Pernyataan Benar Salah
15. Energi listrik mudah diubah menjadi energi bentuk lain ... ...
16. Baterai merupakan sumber energi ... ...
17. Sumber energi kompor adalah sumbu yang menyala ... ...
18. Gendang berbunyi jika ditiup ... ...
19. Energi listrik digunakan untuk memompa air ... ...
20. Energi listrik digunakan untuk memasak ... ...
36 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/2
Pertemuan Ke- : 27–34
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam
kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang,
dan sore hari
4.2 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : 1. Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang, dan sore
hari)
2. Membedakan panas yang dipancarkan matahari pada
waktu pagi, siang, dan sore hari
3. Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari
dengan bayang-bayang yang terbentuk
4. Menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari
5. Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap
manusia
6. Memperagakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh
panas dan cahaya matahari, misalnya tidak menatap
matahari secara langsung
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang, dan sore hari);
2. membedakan panas yang dipancarkan matahari pada waktu pagi, siang,
dan sore hari;
3. menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan bayangbayang
yang terbentuk;
4. menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari;
5. menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia;
6. memperagakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan
cahaya matahari, misalnya tidak menatap matahari secara langsung.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 37
II. Materi Pembelajaran
Pengaruh cahaya matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-27
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan cahaya dan panas
matahari.
2. Guru menjelaskan bahwa matahari adalah sumber energi di bumi.
Kegiatan Inti
1. Guru menyebutkan manfaat panas matahari bagi kehidupan di bumi.
2. Guru menyebutkan manfaat cahaya matahari bagi kehidupan di bumi.
3. Guru menjelaskan akibat yang terjadi jika tidak ada matahari.
4. Guru mengajak siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah
menciptakan matahari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan manfaat panas dan cahaya
matahari.
Pertemuan Ke-28
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan keadaan yang dialaminya pada
siang hari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bahwa siang hari udara
terasa panas.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan usaha yang dapat dilakukan untuk
mengurangi panas udara di siang hari.
3. Guru menjelaskan cara mengurangi udara panas pada siang hari, misalnya
dengan berteduh di bawah pohon.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan cara untuk mengurangi udara
panas di siang hari.
38 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Pertemuan Ke-29
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kedudukan matahari pada pagi,
siang, dan sore hari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi kedudukan matahari pada pagi, siang, dan sore hari
yang disebutkan siswa.
2. Guru menjelaskan gerak matahari dari pagi hingga sore hari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kedudukan matahari pada pagi,
siang, dan sore hari.
Pertemuan Ke-30
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bayang-bayang benda yang
terbentuk pada pagi, siang, dan sore hari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan kedudukan bayangbayang
benda yang terbentuk pada pagi, siang, dan sore hari.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 6.1 untuk mengetahui
kedudukan dan tinggi bayang-bayang yang terbentuk pada pagi, siang, dan
sore hari.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kedudukan dan tinggi bayangbayang
yang terbentuk pada pagi, siang, dan sore hari.
Pertemuan Ke-31
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan panas matahari.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 39
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan kegunaan panas
matahari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kejadian yang akan terjadi jika
tidak ada panas matahari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan panas matahari dan
kejadian yang akan terjadi seandainya tidak ada panas matahari.
Pertemuan Ke-32
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan cahaya matahari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan kegunaan cahaya
matahari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kejadian yang akan terjadi
seandainya tidak ada cahaya matahari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan cahaya matahari dan
kejadian yang akan terjadi jika tidak ada cahaya matahari.
Pertemuan Ke-33
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kejadian-kejadian yang
dialaminya berkenaan dengan panas dan cahaya matahari.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari yang telah
diciptakan Tuhan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2. Dengan dibimbing guru, siswa diajak untuk selalu bersyukur kepada Tuhan
yang Maha Kuasa.
3. Guru menjelaskan bahaya cahaya dan panas matahari.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan usaha yang dapat dilakukan untuk
melindungi diri dari cahaya dan panas matahari.
40 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
5. Guru menjelaskan cara melindungi diri dari panas dan cahaya matahari,
misalnya tidak memandang matahari secara langsung dan memakai topi
atau payung ketika berada di bawah terik matahari.
Kegiatan Akhir
Guru menjelaskan cara melindungi diri dari cahaya matahari dan panas matahari.
Pertemuan Ke-34
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menentukan waktu pada
saat tidak membawa jam.
Kegiatan Inti
1. Guru menyebutkan macam-macam jam yang dapat digunakan untuk
mengetahui waktu.
2. Guru menjelaskan pemanfaatan bayang-bayang untuk mengetahui waktu.
3. Guru menjelaskan cara membuat jam matahari.
4. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 6.2 untuk membuat
jam matahari sederhana.
Kegiatan Akhir
Guru menjelaskan cara menentukan waktu dengan menggunakan jam matahari
yang telah dibuat siswa.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 2 halaman 81–94 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
• Charta kedudukan matahari pada pagi, siang, dan sore hari
• Tongkat
• Kertas karton
• Tripleks
• Paku yang agak besar
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lampiran.
• Menjawab soal latihan pada halaman 89 dan 90.
• Menjawab latihan ulangan umum semester 2 pada halaman 91–94.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 41
No. Pernyataan Benar Salah
1. Matahari adalah sumber energi di bumi ... ...
2. Matahari menghasilkan panas ... ...
3. Cahaya matahari tidak terasa panas ... ...
4. Pada pagi hari, matahari ada di atas kita ... ...
5. Makin sore matahari makin condong ke barat ... ...
6. Cahaya matahari tidak menghasilkan bayang-bayang ... ...
7. Pada pagi hari, bayang-bayang yang terbentuk pendek ... ...
8. Siang hari lebih panas daripada malam ... ...
9. Cahaya matahari sangat diperlukan tumbuhan ... ...
10. Pada siang hari, panas matahari terasa hangat di kulit ... ...
Soal Pengayaan
Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai!
Dilaksanakan, .........................
Guru Kelas,
(__________________)
NIP. .............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(__________________)
NIP. .............................
42 KTSP Jendela IPA SD 2 R1
Daftar Pustaka
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. ”Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta.
Depdiknas. 2006. ”Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah’. Jakarta.
Depdiknas. 2006. ”Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta.
Depdiknas. 2006. ”Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah”. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan
Nasional.
KTSP Jendela IPA SD 2 R1 43
No. Nama Siswa Sangat Aktif Aktif Cukup Kurang Aktif Tidak Aktif
1. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
2. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
3. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
4. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
Contoh Lembar Pengamatan
Lembar Pengamatan Keaktifan Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Diskusi
Lembar Pengamatan Sikap dan Minat Siswa
No. Nama Siswa Sangat Baik Baik Cukup Kurang Baik Tidak Baik
1. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
2. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
3. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
4. .............................. ...................... ....... ......... .................... ...................
Keterangan
Sangat baik nilainya 5
Baik nilainya 4
Cukup nilainya 3
Kurang baik nilainya 2
Tidak baik nilainya 1
Keterangan
Sangat aktif nilainya 5
Aktif nilainya 4
Cukup nilainya 3
Kurang aktif nilainya 2
Tidak aktif nilainya 1
44 KTSP Jendela IPA SD 2 R1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar